The Connection

STOP PRESS

Senin, 15 November 2010

Sel bakteri

Sel bakteri - Pertanyaan dan Jawaban

1. Apa bakteri?
Bakteri adalah makhluk prokariotik dan uniseluler. Bakteri memiliki struktur yang sederhana, mereka mempuntai dinding sel eksternal, membran plasma, DNA sirkular dalam sitoplasma dan ribosom untuk sintesis protein. Beberapa bakteri   memiliki kapsul polisakarida di luar dinding sel.



2. Apakah  bakteri prokariotik itu ?

makhluk prokariotik diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar: archaebacteria dan bakteri (yang terakhir ini juga dikenal sebagai Eubacteria).
Dibandingkan dengan bakteri, archaebacteria memiliki perbedaan dasar, seperti komposisi kimia membran plasma dan dinding sel dan enzim   yang berbeda berkaitan dengan metabolisme DNA dan   RNA.

3. Apa halophile, thermoacidophile dan archaebacteria metanogen?

Ada tiga jenis archaebacteria khas.  Archaebacteria halophile hanya bertahan dalam lingkungan yang kaya garam (bahkan salinitas laut tidak cukup bagi mereka). Thermoacidophile archaebacteria ditandai dengan hidup di bawah suhu tinggi dan pH rendah. Para archaebacteria metanogen adalah mereka yang menghasilkan gas metana (CH4), mereka ditemukan di rawa-rawa.

4. Apa peran ekologi utama dari bakteri?

Bakteri bertanggung jawab atas proses dekomposisi pada akhir rantai makanan dan jaring makanan; dalam proses ini, mereka juga membebaskan gas  dan nutrisi untuk makhluk hidup lainnya. Bakteri yang hidup di dalam usus pencernaan ruminansia dan beberapa serangga mencerna selulosa untuk hewan-hewan ini. Beberapa bakteri juga berpartisipasi dalam siklus nitrogen, mengikat nitrogen, nitrifikasi dan denitrifikasi, hampir selalu dalam interaksi ekologi mutualist dengan tanaman. Bakteri ini dalam makhluk hidup,  beberapa  tinggal di dalam perut, bersaing dengan bakteri patogen lain sehingga mengendalikan populasi agen berbahaya. Ada juga bakteri yang menyebabkan penyakit dan bakteri yang digunakan dalam produksi obat medis. Proliferasi bakteri berlebihan   dapat berdampak terhadap ekosistem. Sebagai contoh, ketika sungai tercemar oleh bahan organik penduduk,   bakteri aerobik meningkat karena bahan organik adalah makanan bagi mereka, bakteri jumlah besar  memakai oksigen terlarut dalam air sehingga makhluk aerobik lainnya (seperti ikan) mengalami kematian massal.

5. Apa saja contoh penyakit manusia disebabkan oleh bakteri?

Beberapa contoh penyakit manusia yang disebabkan oleh bakteri : tuberkulosis, pertusis, difteri, meningitis bakteri, gonore, sifilis, penyakit pes, leptospirosis, kolera, demam tifoid, penyakit Hansen, trachoma, tetanus, anthrax.

6. Sebutkan dan jelaskan  beberapa proses industri yang menggunakan bakteri?

Bakteri yang digunakan oleh industri dalam berbagai cara. Ada vaksin yang terbuat dari bakteri patogen dilemahkan atau antigen hadir dalam bakteri. Salah satu penggunaan yang paling kuno adalah bakteri fermentasi susu untuk memproduksi yogurt, keju dan dadih (bahkan sebelum mengetahui adanya bakteri mikroorganisme ini sudah digunakan dalam pembuatan produk tersebut). Beberapa metode produksi antibiotik melibatkan bakteri. Teknologi DNA rekombinan (rekayasa genetik) memungkinkan produksi industri dan komersialisasi protein manusia, seperti insulin untuk penderita diabetes, disintesis oleh bakteri mutan. Beberapa bakteri dapat memproduksi bahan bakar, seperti gas metana.

7. Terangkan beberapa mekanisme  bakteri  patogen yang  menyebabkan penyakit? Mengapa pengetahuan ini penting?

Bakteri Patogen   memiliki karakteristik yang dikenal sebagai faktor virulensi yang membantu mereka untuk bertahan hidup dan berkembang dalam tubuh host. Beberapa bakteri memiliki fimbriae, bulu getar ( silia  )  untuk melekatkan sel bakteri ke jaringan host. Ada bakteri khusus lainnya dalam parasitisme intraseluler. yang mengeluarkan racun bakteri, molekul yang menyebabkan penyakit misalnya dalam beberapa kasus, pertumbuhan populasi bakteri memproduksi racun.menyebabkan pencemaran makanan   Umumnya, penyakit bakteri disebabkan oleh pertumbuhan populasi bakteri dengan invasi dan kerusakan jaringan atau oleh racun bakteri..

8. Di mana  bakteri hidup?

Bakteri dapat ditemukan di berbagai lingkungan di seluruh planet ini. Ada bakteri di udara, di air tawar, di permukaan, pada kedalaman antara dan di dasar laut, dalam tanah, di kulit kita dan  dalam semua lingkungan   melalui sirkulasi udara bebas. Beberapa bakteri dapat ditemukan di kawah gunung berapi di dalam suhu yang sangat tinggi.

9. Bagaimana bakteri diklasifikasikan berdasar produksi bahan organik untuk metabolisme energi?

Kebanyakan bakteri adalah heterotroph, mereka tidak menghasilkan makanan mereka sendiri. Ada juga bakteri autotroph: bakteri chemosynthetic atau bakteri fotosintetik.
Beberapa bakteri fotosintetik, seperti cyanobacteria, melakukan fotosintesis seperti halnya  tumbuhan,   menggunakan air. Lainnya, adalah bakteri fotosintetik sulfur, menggunakan hidrogen sulfida (H2S) bukan air.

10. Bagaimana bakteri diklasifikasikan menurut kebutuhan mereka akan oksigen?

Menurut   kebutuhan oksigen,  bakteri diklasifikasikan menjadi anaerobik (  bertahan hidup tanpa oksigen) dan aerobik (tidak bertahan hidup tanpa oksigen).

11. Apa yang dimaksud   bakteri anaerob obligat  ?


Anaerob obligat adalah mereka yang tidak bertahan hidup bila ada oksigen. Misalnya, bakteri Clostridium tetani, agen tetanus, adalah anaerob obligat.
Dalam luka yang dangkal, perlu  menggunakan hidrogen peroksida untuk mengekspos mikroorganisme anaerobik dengan oksigen untuk membunuh mereka. 
12. Menurut morfologi nya,  bagaimana bakteri diklasifikasikan?

Bakteri memiliki pola  morfologi   yang berbeda. Sebuah bakteri dapat diklasifikasikan ke dalam :
kokus (bulat), vibrion (koma), bacillus(batang), atau spirochete (spiral).


13. Apakah konstituen utama dari dinding sel bakteri?
Dinding sel bakteri terbuat dari peptidoglycans.


14. Manakah organel intraseluler yang terdapat pada bakteri?

  Organel khas sel eukariotik, bakteri heterotrofik memiliki ribosom, penting untuk sintesis protein.


15. Apa plasmid? Apa pentingnya plasmid untuk teknologi DNA rekombinan?

Plasmid adalah lingkaran yang mengelilingi fragmen DNA, sampai pada DNA bakteri utama. Plasmid adalah penting untuk rekayasa genetika, karena gen dari organisme lain dimasukkan ke dalamnya untuk menghasilkan makhluk rekombinan, misalnya, bakteri mutan. Bakteri ini dibuat untuk memproduksi protein  bagi manusia pada skala industri.


16. Bagaimana bakteri berkembang biak?

Bakteri berkembang biak dengan pembelahan biner (scissiparity). Beberapa bakteri berkembang secara reproduksi seksual (transformasi, transduksi atau konjugasi) dengan kombinasi bahan genetik dari individu yang berbeda.


17. Bagaimana reproduksi seksual terjadi pada bakteri

Reproduksi seksual terjadi ketika bakteri menggabungkan materi genetik ke bakteri lain dari spesies yang sama, fragmen genetik disisipkan kemudian menjadi bagian dari materi genetik dari bakteri kedua. Reproduksi semacam ini  bisa terjadi dengan cara transformasi, transduksi atau konjugasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar